Kamis, Juli 9, 2020
Beranda Pendidikan Tim Pembina UKS Provinsi Jambi Nilai Lomba Sekolah Sehat dan UKS di...

Tim Pembina UKS Provinsi Jambi Nilai Lomba Sekolah Sehat dan UKS di Tanjabbarat

Kuala Tungkal : Dinamisnews.com

Setelah sebelum nya di laksanakan pada Kecamatan Tungkal Ilir, yaitu di SDN No 5/V Kuala Tungkal dan SMA 1 Kuala Tungkal, LSS tingkat Provinsi 2019 ini dilanjutkan di TK Agri Permata Merlung dan SMP 1 Merlung, Rabu (20/11).

 

Lomba Sekolah Sehat (LSS) Tingkat Kabupaten 2019 memberikan tantangan tersendiri bagi setiap sekolah yang terpilih sebagai delegasi terbaik dari masing-masing daerah. Sekolah tersebut harus membuat program dan kinerja guna mewujudkan sekolah sehat sesuai kriteria yang telah ditentukan.

 

Maisanti, perwakilan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jambi mengatakan, penilaian berdasarkan acuan strata paripurna. Artinya, suasananya hampir sempurna dalam beberapa hal berkaitan dengan kondisi lingkungan belajar yang normal, baik secara jasmani maupun rohani.

 

“kriteria itu terlihat dari sekolah yang bersih, indah, tertib, dan menjunjung tinggi nilai-nilai kekeluargaan dalam kerangka mencapai kesejah­teraan lahir dan batin setiap warga sekolah,” katanya.

 

Lanjut Maisanti, ruang kelas, kepala sekolah, guru, ruang perpustakaan, toilet, kantin, dan jumlah siswa dengan rasio jumlah toilet sekolah harus sesuai. Semua aspek tersebut turut dinilai.

 

“Kriteria penilaian lebih rinci, yakni lingkungan sekolah harus bersih, indah, tertib, rindang, dan memiliki penghijauan yang memadai. Kemudian, tempat pembuangan dan pengelolaan sampah serta air bersih terkontrol,” terangnya.

 

Selain itu, menurut Maisanti kantin dan petugas kantin harus bersih dan rapi serta menyediakan menu gizi seimbang. Juga ruang kelas yang memenuhi syarat kese­hatan (ventilasi/AC dan pencahayaan cukup), ruang serta peralatan UKS yang ideal.

 

“Ditambah sarana dan prasarana pembelajaran yang meme­nuhi standar kesehatan, kenyamanan dan keamanan, taman/kebun sekolah yang bisa dimanfaatkan serta kurikulum pembelajaran yang baik bagi tumbuh kembang siswa. Selain itu, menerapkan kehidupan sekolah yang menjunjung tinggi nilai-nilai kekeluargaan, pola hidup bersih, higienis, dan sehat”,paparnya.

 

Sekolah sehat pada prinsipnya fokus pada usaha bagaimana membuat sekolah tersebut sehat secara lingkungan dan memperhatikan kesehatan peserta didik. Hal ini membuat sekolah sehat memung­kinkan bagi setiap warga dapat melakukan aktivitas yang bermanfaat, memiliki nilai daya guna, dan berhasil.

 

“Peran UKS juga sangat penting. Siswa yang sakit pertama kali dirujuk ke UKS untuk penanganan pertama. Oleh karena itu, UKS menjadi ujung tombak sejauh mana sekolah memerhatikan kesehatan peserta didik”,tuturnya

 

TP UKS terdiri dari empat Kementerian yang bekecimpung di dalamnya, terdiri dari bagian Kesra, Dinkes, Dinas Pendidikan, Kemenag, dan Kemendagri, dengan dilindungi oleh Bupati.

 

Sementara Camat Merlung Zulkarnain mengatakan terima kasih atas kunjungan dan penilaian Lomba Sekolah Sehat di SMP 1 Merlung dan berharap mendapat kan juara terbaik.

 

“Kalau juara itu pasti kami berharap tapi disisi lain kami dapat bimbingan Serta kalau bisa tak hanya di SMP 1 tapi semua sekolah di Kecamatan Merlung masuk sekolah sehat dan ramah anak”,harapnya. (BD)

Must Read

Karyawan PT. FPIL Menuntut Haknya, 15 Tahun Bekerja Tidak Ada Pengangkatan

Dinamisnews.com : Muaro Jambi Karna adanya permasalahan terkait ketidakjelasan dalam status karyawan, dari anggota karyawan PK yang tidak di angkat menjadi karyawan tetap oleh perusahaan...

Polres Bogor Ungkap Kasus Jaringan Uang Palsu, 7 Pelaku Berhasil Ditangkap

Bogor : dinamisnews.com Satuan Reserse Kriminal Polres Bogor berhasil mengungkap jaringan uang palsu. 7 orang Tersangka berhasil dibekuk dan ratusan juta rupiah uang palsu dan...

Gempabumi Tektonik M 6,1 di Laut Jawa, Tidak Berpotensi Tsunami

Jakarta_dinamisnews.com Kejadian dan Parameter Gempabumi Hari Selasa, 07 Juli 2020 pukul 05.54.44 WIB wilayah Laut Jawa diguncang gempa tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki...

Kapolres Bogor dan Bupati Jadikan Mulyasari Sebagai Lembur Tohaga Lodaya

  Bogor : dinamisnews.com Kapolres Bogor AKBP Roland Ronaldy, Bupati Bogor Hj. Ade Munawaroh Yasin beserta Dandim 0621 Letkol Sukur Hermanto, resmikan Lembur Tohaga Lodaya Mulyasari...

Aksi Sidang Proglegnas Oleh Mahasiswa se-Bogor Depan Istana Bogor Tolak RUU-HIP

  Bogor_dinamisnews.com Aliansi Mahasiswa Bogor melakukan Aksi terhadap penolakan terhadap Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila di depan Istana Bogor. ( 7/7/2020 Aksi ini di ikuti oleh 15...
Download Best WordPress Themes Free Download
Download Best WordPress Themes Free Download
Download Nulled WordPress Themes
Free Download WordPress Themes
free download udemy course
download intex firmware
Download Best WordPress Themes Free Download
ZG93bmxvYWQgbHluZGEgY291cnNlIGZyZWU=
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.